• SMA PLUS PESANTREN AMANAH
  • Islami Berdayasaing dan Berkeunggulan

Siapkan akan ada lowongan di 8 (Delapan) Kementrian menjadi CPNS

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Birokrasi (KemenpanRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka kembali Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada akhir Juni 2023. 8 kementerian banyak membuka lowongan bagi lulusan SMA dan SMK.

Berikut informasi pendaftaran CPNS lulusan SMA dan SMK. Mulai sekarang persiapkan berkas persyaratan pendaftaran dan pendaftaran CPNS 2023 menggunakan link Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCASN BKN). 8 Kementerian akan membuka penerimaan CPNS lulusan SMA atau SMK tahun 2023, diantaranya:

  1. Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas). Basarnas akan membuka pendaftaran CPNS bagi lulusan SMA dan SMK pada tahun 2023, bertujuan untuk mengisi beberapa posisi baru di seluruh Indonesia.
  2. Menteri Kehakiman ke-2 (kechasing). Selain membuka formasi lulusan SMA, kejaksaan juga membuka kesempatan bagi lulusan SMA dan SMK untuk mendaftar CPNS 2023 dengan formasi yang tersedia.
  3. Kementerian Pertanian (Kementan). Kementerian Pertanian juga menawarkan pelamar dengan gelar SMA dan SMK kesempatan untuk menyelesaikan kursus yang diperlukan.
  4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dinas Perhubungan membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk siswa SMA dan berjumlah kurang lebih 684 siswa. Lowongan meliputi Penerbangan, Petugas Avsec, Teknisi Riset dan Teknik, Penyelamat Udara, dan Petugas Pemadam Kebakaran.
  5. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Kementerian Lingkungan Hidup juga telah membuka kursus pelatihan CPNS bagi lulusan SMA dan SMK, khususnya untuk posisi jagawana terkait kehutanan dan pertanian. 6. Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).
  6. Kementerian Hukum dan HAM telah membuka pelatihan CPNS bagi lulusan SMA dan SMK sebagai sipir. Kementerian ini adalah salah satu yang paling dicari untuk calon CPNS.
  7. Badan Intelijen Negara (BIN). Layanan berita juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA dan SMK pada posisi pengelola data dan informasi pasien serta untuk tenaga laboratorium.
  8. Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Departemen Pertahanan akan membuka pelatihan CPNS 2023 mendatang bagi lulusan SMA dan SMK untuk posisi supir ambulan dan pemula. Oleh karena itu, calon CPNS 2023 diharapkan selalu mengikuti informasi rekrutmen CPNS 2023 terbaru dari KemenPAN-RB dan BKN.

Segera siapkan semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran sambil menunggu informasi ini.

Bagi lulusan SMA dan Profesi, persiapkan dengan baik dan jangan lewatkan kesempatan untuk berkompetisi dalam seleksi CPNS.

Calon calon CPNS 2023 dapat mulai mempersiapkan beberapa dokumen pendaftaran CPNS 2023, antara lain:

  1. KTP asli berupa scan file. 2. Foto paspor dari file selfie atau foto selfie.
  2. Sertifikat asli dan fotocopy.
  3. file transkrip nilai asli.
  4. Dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi yang berwenang. Misalnya Sertifikat TOEFL/EAP/ILTS, SKCK, Sertifikat Kelulusan, Sertifikat Bebas Narkoba dll.

Sementara untuk pendaftaran CPNS 2023 harus membuat akun SSCASN BKN di link sscasn.bkn.go.id dengan alamat email dan nomor handphone aktif. Pemilihan CPNS 2023 terbuka untuk umum.

Artinya, gelar master dan master dari sekolah menengah dan sekolah teknik serta dari sekolah resmi dapat berpartisipasi. 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Melapangkan Dada adalah Kunci Kemudahan dalam Urusan dalam Islam

Dalam ajaran Islam, konsep melapangkan dada seringkali diangkat sebagai salah satu kunci untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan. Konsep ini berakar dari ajaran Al-Qur'an dan Ha

08/01/2024 23:31 - Oleh Humas - Dilihat 345 kali
Melembutkan hati melalui Al-Quran

Melembutkan Hati Melalui Al-Quran Hati adalah organ yang sangat penting dalam tubuh manusia, tidak hanya secara fisik tetapi juga secara spiritual. Dalam konteks spiritual, hati adalah

27/12/2023 18:26 - Oleh Humas - Dilihat 362 kali
Workshop Digital Marketing

Acara workshop digital marketing yang dipandu langsung oleh Master Trainer Nasional Bpk. Rinov Waludyantoro, IM, merupakan kali kedua diadakan di Kota Tasikmalaya. Beliau adalah salah s

27/11/2023 12:25 - Oleh Humas - Dilihat 186 kali
Konsep Pengetahuan mampu meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan kepercayaan diri dengan pengetahuan adalah sebuah konsep yang menunjukkan bagaimana pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang diri sendiri dan dunia sekitarnya

07/10/2023 21:19 - Oleh Humas - Dilihat 430 kali
Syaitan Tidak Akan Pernah Ridha Jika Manusia Berbuat Baik

Di sepanjang sejarah dan berbagai kepercayaan agama, syaitan atau setan selalu dianggap sebagai musuh manusia yang mencoba menggoda dan mempengaruhi mereka untuk melakukan perbuatan bur

06/10/2023 15:44 - Oleh Humas - Dilihat 471 kali
Hati yang Selamat atau Tenang (Qolbun Salim)

Dalam ajaran Islam, hati adalah inti dari keberhasilan seseorang dalam mencapai kebahagiaan dan keberkahan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Salah satu konsep penting dalam Islam yang

05/10/2023 17:40 - Oleh Humas - Dilihat 1180 kali
Kontroversi Penerapan RIBA: Perspektif Keuangan dan Etika

Kontroversi Penerapan RIBA: Perspektif Keuangan dan Etika Riba, yang sering diterjemahkan sebagai bunga atau riba, adalah salah satu konsep yang paling kontroversial dalam Islam dan ju

08/09/2023 08:58 - Oleh Humas - Dilihat 320 kali
Keutamaan Shalat Tahajud

Shalat Tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang memegang posisi istimewa dalam ajaran Islam. Keutamaan-keutamaan yang terkandung dalam pelaksanaan shalat ini mencerminkan pentingnya

15/08/2023 15:34 - Oleh Humas - Dilihat 276 kali
Prinsip Hidup Keluarga Nabi Ibrahim AS

Prinsip hidup keluarga Nabi Ibrahim (AS) adalah tercermin dalam kisah-kisah yang dicatat dalam Al-Qur'an dan hadis-hadis yang berkaitan dengan kehidupan mereka. Berikut adalah beberapa

29/06/2023 05:36 - Oleh Humas - Dilihat 962 kali
PENYEBUTAN KATA TIJAROH ( تِجَارَةً) (Perniagaan) DALAM AL-QURAN

  Al-Baqarah : 16 اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اشْتَرَوُا الضَّلٰلَةَ بِالْهُدٰىۖ فَمَا رَبِحَتْ تِّجَارَ

24/05/2023 09:26 - Oleh Humas - Dilihat 813 kali